Tips : How To Cook Chicken Feet

Kuliner memang tidak pernah ada habisnya jika dibahas. Mulai dari kuliner mewah hingga kuliner-kuliner khas daerah sangatlah luas untuk dibahas. Setiap kuliner pasti memiliki ciri khasnya sendiri. Misalnya untuk daerah Papua, kuliner khasnya adalah papeda yang terbuat dari sagu. Daerah Makassar yang terkenal dengan coto makassar dan sop konro nya.

Di artikel ini kami ingin membahas jajanan yang biasa sering kita beli di jalanan. Yaitu Seblak dan Ceker Mercon. Seblak adalah jajanan khas dari bandung yang bahan dasarnya dibuat dari kerupuk, sosis dan sayuran seperti sawi dan lain-lain.

Sedangkan ceker mercon adalah jajanan yang menjadikan kaki ayam/ceker ayam sebagai bahan utamanya. Umumnya ceker akan dimasak menggunakan rempah-rempah dan pastinya cabai untuk menjadikannya mengeluarkan rasa pedas dan dijuluki sebagai ceker mercon.


Di Indonesia, ceker ayam menjadi salah satu favorit karena rasanya yang gurih dan esensi memakannya yang enak. Namun faktanya masih banyak yang tidak tahu cara untuk membersihkan ceker ayam hingga bersih dan tidak ada kotoran. Jika ini dibiarkan terus menerus maka kualitas jajanan tadi akan menjadi turun yang makan pun akan kena imbasnya seperti sakit perut hingga diare karena kuman yang ada di ceker ayam.

Kami ingin memberikan tips cara membersihkan ceker ayam hingga bersih, perhatikan ya biar kamu bisa bikin ceker dan seblak yang enak!

Berikut cara membersihkan ceker ayam :
1. Setelah membeli ceker ayam, potong kuku-kukunya hingga habis tak tersisa
2. Jika masih ada kulit berwarna kuning langsung ditarik dan di bersihkan
3. Bersihkan pada air yang mengalir
4. Gunakan sikat bila ingin hasil yang maksimal
5. Sikat pada sela sela kaki ayam hingga bersih
6. Siapkan panci untuk merebus kaki ayam
7. Siapkan 2 siung bawang putih dan sejempol jahe, hal ini sangat ampuhh untuk menghilangkan bau amis pada kaki ayam. cobain deh!
8. Rebus ceker ayam hingga keluar busa (busa adalah kotoran yang keluar dari ceker tersebut)
9. Buang air rebusan kemudian tiriskan
10. Bersihkan kembali di air yang mengalir.

Setelah melakukan tips diatas, ceker siap untuk dimasak berbagai masakan. Bisa dimasak untuk jajanan seblak maupun ceker mercon. Jika kamu ingin cekernya menjadi lebih lembut, kamu bisa merebusnya dengan durasi yang lebih lama.

Dalam dunia kuliner memiliki nilai-nilai yang harus kita ikuti. Meskipun hanya warung kecil namun nilai-nilai ini sangatlah penting. Apa sajakah itu? Dibaca sampai habis ya

1. Tingkat kebersihan.
Mulai dari bahan makanan hingga alat yang dipakai harus dipastikan bersih dan aman. Hal ini untuk menghindari kuman-kuman yang masuk kedalam makanan.

2. Packaging/Kemasan
Para pedagang pun harus memperhatikan kemasan yang dipakai untuk membungkus makanan. Hal ini bertujuan selain untuk menjamin keamanan dari makanan tersebut, cara packingannya juga berguna untuk menarik minat pembeli. Semakin bagus packagingnya maka pembeli semakin tertarik.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tips untuk memasak, kamu bisa terus membaca artikel yang kami tulis disini. Terimakasih telah mengunjungi blog kamu yang sangat bermanfaat ini ^^

Leave a Comment

Your email address will not be published.