Kenapa Caviar Mehong Bingit?

Caviar, adalah salah satu dari beberapa makanan mahal yang terkenal di dunia. Caviar merupakan telur dari ikan Sturgeon yang langka. Untuk menghasilkan telur ikan yang berkualitas dan bernilai tinggi memerlukan proses yang tidak mudah. Kali ini kami akan memberi kamu informasi penting seputar makanan mahal khususnya Caviar ini.

Sejarah Perkembangan Caviar
Ada yang unik dari makanan mahal satu ini, awalnya Caviar merupakan makanan khusus keluarga kerajaan. Seiring berjalannya waktu Caviar menjadi makin populer dan mulai dikonsumsi bagi warga biasa. Ya tetap warga-warga tertentu juga sih.

Kata Caviar berasal dari khavyar Turki , pertama kali muncul dalam bahasa Inggris cetak pada 1591. Kencan kembali 250 juta tahun ke zaman prasejarah, sturgeon telah menjadi bagian dari diet Eropa Timur Tengah dan Timur untuk sebagian besar sejarah manusia.

Apa itu ikan Sturgeon?
Ikan Sturgeon termasuk salah satu hewan prasejarah berusia 300 juta tahun yang bertahan sejak zaman dinosaurus. Spesies yang paling besar adalah sturgeon Beluga (Huso Huso) yang bisa tumbuh hingga mencapai panjang dua puluh kaki, berumur lebih dari 100 tahun, dan memiliki berat lebih dari dua ton. Selain itu, ada juga sturgeon Siberia (Acipenser Baerii) yang menghasilkan caviar bernama Baerial. Ikan sturgeon Siberia beratnya bisa mencapai 200 kg dan membutuhkan waktu antara empat hingga enam tahun untuk menghasilkan telur caviar.

Yang membuat harga Caviar menjadi mahal adalah karena ikan itu sendiri terancam punah akibat dari pemanasan global di dunia. Faktanya, ikan Sturgeon memerlukan udara dingin-hangat untuk hidup.

Dimana Habitat Ikan Sturgeon?
Perlu diketahui, Ikan Sturgeon merupakan ikan bertulang yang bisa disebut juga sebagai satu-satunya ikan bertulang yang masih ada hingga saat ini. Bagaimana cara memeliharanya sehingga ia masih ada? Yup pertanyaan bagus. Ikan Sturgeon hidup di iklim sedang seperti di Rusia untuk bertahan hidup.

Dikarenakan Sturgeon merupakan ikan yang lambat dalam berkembang biak maka Sturgeon sangat rentan terhadap polusi, ancaman dan eksploitasi. Untuk Ikan Sturgeon gak ada di Indonesia ya. Ukuran ikan Sturgeon mulai dari 1m-5,5m. Ukuran yang cukup besar untuk seekor ikan.

Jenis-jenis Caviar
Caviar memiliki beberapa jenis. Dari yang paling murah hingga paling mahal. Hidangan ini kerap disajikan di hotel-hotel berbintang sebagai hidangan yang fancy. Biasanya dihidangkan bersamaan dengan champagne atau wine. Berikut jenis-jenis Caviar :

1. Sterlet Caviar, merupakan Caviar dari ikan Sturgeon terkecil. Harganya masih cukup murah untuk dijangkau.

2. Siberian Caviar, memiliki ciri hitam glossy seperti mutiara.

3. Kaluga Caviar, memiliki warna abu-abu hingga kecoklatan

4. White Sturgeon Caviar

5. Gold Lace Caviar, harganya mahal gaji umr mundur dulu aja

6. Beluga Caviar, dipanen dari ikan berumur 100 tahun. Bayangin aja harganya hehehe.

Itulah mengapa Caviar menjadi sangat mahal dan hanya kaum elit saja yang terbiasa untuk membelinya. Kamu ada keinginan untuk mencobai Caviar? Nabung yuk biar bisa beli kuota nonton orang mukbang Caviar di youtube 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published.